Minggu, 14 September 2014

"Pelangi-pelangi.. alangkah indah mu..
merah.. kuning.. hijau... dilangit yang biru..
pelukis mu Agung... siapa gerangan..
pelangi-pelangi.. ciptaan Tuhan.. "


Itulah lagu pelangi-pelangi yang sering kita dengar, ada beragam warna pelangi dan tentunya warna-warna tersebut sangat indah. :) Sama seperti anak-anak kita, walaupun lahir dari rahim yang sama, kakak dan adik juga punya sifat dan perilaku yang berbeda.

Jika pada pelangi ada berbagai warna, maka pada anak-anak ada berbagai tipe. Ada tipe leader, tipe kooperatif, tipe melankolis, tipe audithory, tipe visual, introvert, extrovert, thingking introver, atau matematika logic.

Anak-anak kita adalah ibarat pelangi, terdiri dari berbagai warna yang berbeda, tapi indah. Begitu juga anak-anak. Mereka berbeda-beda tipe kepribadiannya. Yang tidak diketahui orangtua dan pendidik adalah mengamati, mendidik, mengarahkan, dan tidak menghakimi anak-anak.

Misalnya, tipe kepribadian si kakak adalah tipe leader. Tipe ini punya kemauan yang kuat. Kalau ingin sesuatu harus dituruti. Sementara tipe kepribadian si adik adalah tipe kooperatif. Tipe ini mudah diajak bicara, penurut, dan kemauannya tidak keras.

Menghadapi kakak adik yang berbeda tipe kepribadian ini harus dengan cara yang berbeda. Anak dengan tipe leader memerlukan reward and punishment. Dia sulit dikendalikan tanpa ada kesepakatan dan aturan main yang jelas.

Jika diarahkan dengan tepat, anak denga tipe apapun bisa menjadi anak-anak yang hebat dan sukses. yang terpenting bagi kita adalah, kenali tipenya, arahkan bakatnya dan kembangkan kelebihannya kurangi tipe negativ nya.

0 comments:

Poskan Komentar