Rabu, 23 Oktober 2013

22.54

Ada seorang Bunda yang pernah bertanya "Bun, anak saya tidak mau merapikan mainnya, padahal saya sudah membujuk dan memberikan pujian bahwa dia anak rajin dan anak yang baik" , seorang ayah juga pernah mengeluh "Anak saya susah sekali di kasih tahu, sampai-sampai saya harus mebentaknya, padahal saya selalu memberikan predikat positive terhadapnya, tetapi masih saja belum berubah".

Hmm... :) , Ayah Bunda, pujian positive akan memotivasi anak bila kita berikan secara tepat waktunya. Kalau kita berikan sebelum dia melakukan tindakan sama saja kita berikan anak sogokan agar anak mau berbuat baik, atau dengan kata lain kita memaksa anak untuk berbuat baik, dan anak menangkapnya sebagai pujian yang tidak iklas karena mereka dipuji untuk melakukan tindakan yang diinginkan Ayah Bunda nya. Memberikan pujian yang tepat adalah diberikan saat anak sudah melakukan tindakan yang baik, dengan cara ini anak akan mengingat bahwa dia akan mendapatkan pujian saat melakukan sesuatu dengan baik dan benar.

Berikanlah pujian dalam hal apapun, walau perilaku baik itu sekecil apapun, berikanlah mereka pujian yang positive maka anak akan termotivasi menjadi anak yang baik juga. Bagi anak yang masih belum bisa diatur, jangan kawatir, tetap sabar kaena terkadang anak sudah terlanjur diberikan cap negative oleh Ayah Bunda makanya perlu proses yang cukup lama.

Anda juga dapat mencatat perkembangan anak tiap harinya, amati dan bandingkan perubahan yang dilakukan oleh anak, dengan mengamati anak anda akan lebih tahu dan mengenali anak anda.


0 comments:

Posting Komentar