Rabu, 23 Oktober 2013


Dulu ada sebuah kue tradisional yang sangat saya suka, namanya mendut, kue yang biasanya dibungkus daun pisang, terbuat dari tepung beras/tepung ketan, berbentuk bulat,diisi parutan kelapa dan disiram saus santan kental, hmmm.. rasanya nikmat dan gurih.

Lalu saya bertanya kepada pembuatnya mengapa kue buatannya bisa enak dan disukai banyak orang, beliau menjawab saya menggunakan bahan-bahan pilihan, beliau menyebutkan bahan-bahannya dan memang bahan-bahan yang dipakai adalah bahan yang umum digunakan. lalu saya bertanya lagi bagaimana cara mengolahnya ? bukankah dengan cara mengolah yang baik maka hasilnya akan baik juga. Beliau menjawab memang proses adalah sesuatu yang paling penting, tetapi dengan bahan dasar yang baik maka akan semakin baik pula hasilnya bila dikerjakan dengan benar.

Bahan dasar adalah modal dasar dan kunci keberhasilan dari proses selanjutnya. Begitu pula proses pembangunan generasi sebuah bangsa, semua berawal dari pedidikan keluarga, karena pendidikan keluarga adalah modal dasar dari pendidikan tingkat lanjut.

Sebaik apapun pendidikan dalam jenjang pendidikan formal, tanpa dasar pendidikan keluarga yang baik dan memadai maka akan sulit mencapai generasi yang berkualitas tinggi.

Pada masa sekarang ini kita harus bersyukur karena pemerintah sudah mulai memperhatikan proses pendidikan. Pendidikan PAUD digalakkan hingga kepelosok RT dan RW. Berbagai pelatihan bagi para pendidik PAUD juga diadakan. Bahkan bantuan dana operasional juga diturunkan untuk membantu keberhasilan program ini.

Tetapi semua tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan selama pendidikan keluarga masih belum maksimal atau malah terkadang orangtua pasrah pada pendidikan formal dan masa bodoh dengan pendidikan keluarga menganggap pendidikan formal bisa mengajarkan segalanya.

Saya mengajak para orangtua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya, berikanlah pendidikan yang baik dalam keluarga sebagai modal dasar untuk masuk ke pendidikan formal, jika saat ini anda sudah memberikan yang terbaik, maka suatu saat nanti anak akan memberikan yang terbaik bagi anda orangtuanya.

0 comments:

Posting Komentar