Rabu, 20 Mei 2015



Setiap orang tua khususnya seorang bunda pasti ingin sekali membantu semua aktivitas yang di lakukan oleh sang anak dengan berbagai macam alasan, misalnya saat makan, memakai sepatu, memakai baju, bermain dll. Perlu di ingat ya bunda, bahwa yang anda lakukan ini merupakan penghambat untuk masa depan mereka. Seiring dengan bertambahnya usia, mereka kelak akan melakukan aktivitas rutin yang dilakukan sehari-hari. Melatih kemandirian anak memang harus dilakukan mulai sejak dini, bahkan kepada anak yang sudah memasuki usia 1 tahun.

Perlu di ketahui oleh kita semua bahwa setiap anak itu memiliki pemahaman dan daya tangkap yang berbeda ketika di latih kemandirian sehingga harus di bedakan cara melatih dan disesuaikan dengan kriteria usia seorang anak:

Anak Usia 1 Tahun
Pada usia 1 tahun seorang batita masih belum dapat memahami aktivitas yang harus dilakukannya sehari – hari. Sebagai contoh : bermain, makan, mandi. Minum susu atau tidur. Penting bagi kita untuk mulai melatih si batita untuk melakukan rutinitas tersebut. Sebagai contoh :
  •  Pada saat mandi, ajaklah anak anda untuk mengambil ganduk sebelum mandi.
  • Melatih minum dari gelas dengan memegang sendiri gelas tersebut, untuk gelas nya berikan gelas yang tidak mudah pecah.
  • Berikan kepercayaan kepadanya saat bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, selama lingkungan itu menjadikan nyaman dan aman bagi anak anda, maka anda tidak usah banyak memberikan larangan-larangan kepadanya, cukup perhatikan dan beri pengawasan saja. Karena keingintahuan yang besar pada lingkungan akan membantu melatih kemampuan motoriknya.



Anak Usia 2 Tahun
  • Ajarkan anak untuk makan sendiri dengan menggunakan sendok, walaupun belum sempurna tetapi kemampuan ini akan membantu anak untuk bisa makan dengan mandiri.
  • Melakukan toilet training pada anak. Pada usia ini anak diajarkan untuk pipis atau pup di kamar mandi, di usia ini pastinya memang susah mengajak anak untuk bilang “pipis” saat mereka berasa hendak buang air kecil akan tetapi ketelatenan orang tua untuk mengajak anak buang air kecil di kamar mandi akan membantu sang anak untuk menjadi lebih mandiri untuk melakukan nya menjadi kebiasaan sehari-hari.
  • Mengajarkan anak untuk mencuci muka, tangan dan kaki sendiri meskipun pada awalnya pakaiannya akan menjadi basah semua, sebagai orang tua kita tetap harus memberikan anak kesempatan untuk belajar. Ajarkan juga cara membuka dan menutup keran, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. 
  • Ajarkan pada anak untuk melepas pakaian dan sepatu atau  menggunakan pakaian dan sepatu sendiri.
  • Mengajarkan pada anak dimana tempat menyimpan perlengkapan mereka, seperti botol minum, tas, sepatu dll


Anak Usia 3 tahun
  • Beri kebebasan pada anak untuk berjalan sendiri, melompat atau berlari.
  • Biarkan anak anda untuk menunjukkan kemampuannya seperti membawa tas yang berisi belanjaan atau membereskan tempat tidurnya, dan arahkan sehingga anak menjadi bertanggung jawab.
  • Latihlah anak anda untuk bekerja bersama-sama dalam melakukan tugas rumah. Salah satunya membereskan mainan ke tempat semula.
  • Melatih kemampuan anak anda seperti mencorat coret kertas, ayunan sendiri, berteriak keras atau bersepeda. Berikan kesempatan pada anak untuk mendapatkan pengalaman tanpa harus mengkhawatirkan bahaya selama anda mengawasinya.

0 comments:

Poskan Komentar