Senin, 18 Mei 2015

Halo ayah dan bunda, masih ingat nggak dengan permainan “engklek”. Dulu waktu saya masih sekolah dasar, permainan ini sering di mainkan lo, pastinya asyik dan menyenangkan.
Permainan engklek ini merupakan permainan tradisional yang di lakukan di pelataran yang luas dan datar dengan menggambar kotak – kotak kemudian melompat – lompat dari kotak satu ke kotak yang lainnya.



Cara bermain engklek :
Permainan ini biasanya di lakukan lebih dari 2 orang, para pemainnya harus melompat dengan menggunakan satu kaki di setiap kotak – kotak yang sudah di gambarkan di tanah. Untuk dapat bermain, setiap anak harus mempunyai “gacuk”/ “Kereweng”.
Gacuk / Kereweng adalah alat yang di berlakukan sebagai senjata untuk di pakai dalam permainan engklek, yang biasanya berupa pecahan genting, pecahan eternit ataupun batu yang datar.


Gacuk / Kereweng di lemparkan ke salah satu kotak yang tergambar di tanah, gacuk yang dilemparkan tidak boleh keluar garis atau kena garis kotak yang dituju. Setiap pemain juga tidak boleh menginjak Gacuk / Kereweng yang ada dalam kotak dengan kata lain para pemain harus melompat ke kotak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi kotak – kotak yang ada dan pemain juga tidak boleh menginjak garis. Jika pemain melakukan kesalahan seperti tersebut diatas maka pemain dianggap mati atau dinyatakan gugur dan digantikan dengan pemain selanjutnya. 

Jika pemain ada yang sudah menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu, maka pemain tersebut mendapatkan kesempatan untuk “Njupuk Sawah”. Njupuk Sawah disini maksudnya adalah mengambil daerah kekuasaan, njupuk sawah dilakukan dengan cara pemain membelakangi kotak permainan engklek kemudian gacuk / kereweng di lemparkan kebelakang, jika gacuk / kereweng tersebut jatuh dalam kotak permainan engklek maka kotak tersebut merupakan daerah kekuasaan si pemain tersebut, tetapi jika lemparannya keluar dari area kotak permainan maka pemain bisa mencoba kembali nanti setelah pemain selanjutnya menyelesaikan permainannya. 

Pada kotak tersebut, pemilik sawah boleh menginjak kotak daerah kekuasaannya dengan dua kaki, sedangkan untuk pemain lain tidak boleh menginjak sawah tersebut selama permainan dengan kata lain pemain yang lain harus melompati sawah atau daerah kekuasaan milik pemain yang lainnya. untuk Pemain yang memiliki sawah paling banyak maka dia adalah pemenangnya.      
       
Sekian infomasi tentang permainan “Engklek”, yang jelas permainan ini sangat ekonomis karena tidak membutuhkan biaya sepeserpun. Asalkan ada beberapa teman dan ada gacuk, siapkan formasinya : mau engklek gunung, pesawat atau kitiran.. tinggal pilih bersama teman-teman.



0 comments:

Poskan Komentar