Senin, 11 Mei 2015

Mungkin banyak kendala yang dihadapi oleh orang tua ketika anak mereka harus memasuki masa belajar di PAUD, terlebih pada anak yang tidak pernah lepas dari pengawasan orangtuanya. kemungkinan besar untuk beradaptasinya akan sangat sulit sekali, mengingat kesehariannya selalu di dampingi oleh orang tuanya.

  
Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu;
  1. Beri pengertian kepada anak, berikan alasan kenapa dia harus sekolah. Misalnya, beritahu bahwa dengan bersekolah maka dia akan punya banyak teman, Tanyakan apa cita-citanya dan beri pengertian untuk bisa tercapai cita-citanya itu dia harus menempuhnya dengan proses belajar di sekolah, dll.
  2. Ceritakanlah pada anak bagaimana seru dan asiknya ketika mereka bersekolah. Ceritakanlah pada si anak akan keramahan guru, teman yang banyak, tempat bermain yang asik dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar anak mempunyai fikiran yang positif mengenai sekolah dan lingkungannya. 
  3. Berikan beberapa contoh seperti teman atau saudaranya yang bersekolah dengan mengenakan seragam  untuk menimbulkan keinginannya bersekolah. Biasanya perilaku anak-anak itu  cenderung suka ikut-ikutan. Kalau teman atau saudaranya naik odong-odong maka si anak pasti ingin ikut naik odong-odong. Dan jika temannya pergi sekolah dengan memakai seragam dan membawa tas sekolah pasti si anak juga pengen ikut bersekolah.
  4. Berikan pujian sebaik mungkin ketika anak mau untuk bersekolah. Katakan, "adik hebat, pintar, berani, jempol sudah mau berangkat sekolah".
  5. Saat berada di sekolah dampingiliah anak sampai dia merasa nyaman dan kenal dengan lingkungan barunya. Berilah anak pengertian dan motivasi agar dia mau membaur dan ditinggal oleh anda. Katakan bahwa nanti anda akan menjemputnya kembali jika sudah waktunya pulang sekolah. Hal ini sangat penting dalam menimbulkan rasa kepercayaan sehingga dia tidak takut untuk ditinggal di sekolah oleh orang tuanya.
  6. Meskipun Anda kesal ketika anak tidak mau sekolah, jangan pernah memaksa dan memarahinya.

Semoga tips ini dapat membantu anda para orangtua yang ingin menyekolahkan buah hati di Paud. 


0 comments:

Poskan Komentar