Senin, 04 Mei 2015


Kebiasaan membaca merupakan kebiasaan yang harus diajarkan kepada anak dimulai dari usia dini. Selain merupakan kebiasaan baik, membaca juga mempunyai fungsi edukatif dan hiburan positif bagi anak. Dengan membiasakan membaca, anak-anak dapat meningkatkan kreativitas, memperluas wawasan, mengembangkan daya imajinasi dan mempelajari berbagai hal yang baru.

Akan tetapi untuk menumbuhkan minat baca pada anak bukanlah hal yang mudah di jaman modern ini, apalagi dunia teknologi sudah semakin canggih dan banyak menawarkan beraneka ragam permainan dan film yang sangat menarik perhatian anak-anak alhasil minat baca anak menjadi turun. Untuk para ayah dan bunda hendaknya jangan menyerah untuk mencoba dan berfikir cerdik dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu meningkatkan minat baca anak.

Tips Untuk menumbuhkan minat baca anak mulai sejak dini : 
  1. Mengadakan kegiatan rutin membaca bersama di rumah. Kegiatan ini di lakukan dengan tujuan agar anak tumbuh minat untuk membiasakan membaca sekaligus mempererat kebersamaan di dalam keluarga. 
  2. Membacakan sebuah cerita atau dongeng sebelum tidur juga sangat efektif untuk merangsang minat baca anak, khususnya bagi anak-anak yang belum bisa membaca sendiri. Ceritakanlah sebuah cerita atau dongeng yang menarik dan merangsang imajinasi anak sehingga secara tidak langsung akan mengundang mereka untuk menyukai dan minat membaca sebuah buku. 
  3. Ayah dan Bunda dapat memberikan buku bacaan yang bervariasi seperti contoh Cerita Fiksi, Ensiklopedia bergambar, Cerita ilmiah, komik ataupun majalah anak2 dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar anak-anak tidak merasa bosan dan secara tidak langsung menjadi tolok ukur bagi ayah dan bunda buku jenis apa sich, yang disukai anak-anak kita. 
  4. Mengajak anak untuk berbelanja di toko buku, dan berikanlah kebebasan kepada mereka untuk memilih buka apa yang akan mereka beli. 
  5. bila koleksi buku anak sudah mulai banyak, ajaklah anak-anak untuk membuat perpustakaannya sendiri. Hal ini di lakukan untuk menumbuhkan kebanggaan tersendiri bagi mereka sekaligus mengajarkan untuk menginventaris buku-buku yang telah mereka miliki. 


Nah, ini merupakan Pekerjaan Rumah bagi kita semua termasuk Ayah dan Bunda. Mari kita ajak anak-anak kita untuk memulai menumbuhkan minat baca, mulailah dari sekarang yach… jangan di tunda-tunda demi masa depan PUTRA PUTRI PENERUS BANGSA… AAMIIN

0 comments:

Poskan Komentar