Senin, 11 Mei 2015

Setiap orang tua pasti akan kawatir bila mendapati buah hatinya susah sekali makan, kejadian seperti ini banyak terjadi, dan ada banyak factor yang menyebabkan buah hati kita menjadi susah makan. Perkembangan bayi pada usia 0 – 1 tahun terjadi dengan sangat cepat bila di bandingkan ketika ia berusia di atas 1 – 6 tahun, dan terus melambat seiring bertambahnya usia. Seiring dengan bertambahnya usia anak juga akan berpengaruh pada selera makan yang juga akan menurun serta susah makan. Padahal pada usia ini anak sangat membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitasnya.



Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Jadikan Waktu Makan yang Menyenangkan
Cara ini biasanya dilakukan pada anak usia balita, ketika buah hati anda susah sekali makan maka ajaklah ia bermain  bersama ciptakan suasana yang menyenangkan sembari memberikan suapan makan. Hindari memberikan ancaman, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia bisa makan lebih banyak. Hal tersebut akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan yang berakibat timbul trauma Psikologis

Beri Cemilan sehat dan Menarik
Berbagai makanan sehat dan menarik akan meningkatkan selera makan anak, ketika anak sudah mulai bisa berjalan biasanya mereka suka sekali bereksplorasi dengan lingkungan hal ini membuatnya sangat sulit sekali untuk makan dengan duduk manis dan tenang. Untuk menyiasati hal ini berikan ia camilan sehat yang beraneka ragam agar si anak tidak bosan dan berikan makanan camilan tersebut dalam porsi yang kecil. 




Mengajarkan Perilaku Makan yang Baik dan Makan dengan Teratur
Berikan menu makanan yang bervariasi, agar anak anda dapat mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Ajaklah anak anda untuk makan bersama di meja makan dengan jadwal waktu makan yang teratur

Berikan Suplemen Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 
Jika anak anda susah makan anda juga dapat memberikan suplemen penambah nafsu makan untuk anak. 

Berikan Reward
Cobalan untuk memberikan reward atau hadiah pada mereka, anak-anak biasanya sangat suka bila ia mendapatkan hadiah pemberian dari orang tuanya. Hal ini di lakukan agar anak anda termotivasi untuk melahap habis makanannya. 
berikan reward atau hadiah yang mendidik yach, misalnya rekreasi ke kebun binatang, berenang, membelikan alat tulis gambar, dll. Hal ini selain bagus untuk merangsang anak anda agar mau makan, juga akan memberikan dampak positif terhadap diri mereka.

Sekian tips – tips mengatasi anak yang susah makan, selamat mencoba

0 comments:

Poskan Komentar